10 Fakta Unik Tentang「Live Baccarat Platform」 Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

  • 时间:
  • 浏览:0

DLLive BLive BaccaLive Baccarat Platformrat Platformaccarat Platformive Baccarat Platformapatkan informasi, inspirasi dan insigLive Baccarat Platformht di email kamu.

Daftarkan email

Besarnya planet Jupiter ini tidak main-main, ukurannya setara dengan 318 kali ukuran Bumi. Bahkan, jika semua planet di tata surya disatukan, ukuran Jupiter masih 2,5 kali lebih besar dari semua planet tersebut.

KOMPAS.com - Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Namanya diambil dari nama raja para dewa Romawi. Jupiter adalah planet kelima dari matahari.

Astronom menyebut Jupiter sebagai bintang yang gagal. Hal ini disebabkan karena di Jupiter banyak sekali hidrogen dan helium seperti pada bintang pada umumnya.

Baca juga: Helikopter NASA Selamat dari Anomali Cuaca Planet Mars

Namun, Jupiter tidak punya massa yang cukup untuk memicu reaksi fusi pada inti planet untuk memulai pembakaran sebagai proses utama hidupnya bintang.

Planet ini memiliki medan magnet yang sangat kuat dan memiliki banyak satelit alami atau bulan. Planet Jupiter tercatat memilki 79 bulan yang mengorbit di sekitar planet tersebut.

Baca juga: 7 Fakta Misterius Venus, Planet Terpanas di Tata Surya

Jupiter berrevolusi mengelilingi Matahari dalam waktu yang sangat lama. Sekali mengelilingi Matahari, Jupiter membutuhkan waktu 11,8 tahun waktu Bumi.

Jupiter memiliki kecepatan rotasi sebesar 12,6 kilometer per detik. Kecepatan ini membuat Jupiter memliki medan magnet yang sangat kuat, serta memancarkan radiasi yang berbahaya di sekitar planetnya.

Jupiter memiliki hari paling pendek diantara semua planet di dalam tata surya. Sekali berrotasi, Jupiter hanya membutuhkan waktu 9 jam 55 menit saja.

Dilansir dari Space Facts, berikut fakta unik tentang Planet Jupiter.

Jupiter menjadi benda langit paling terang keempat setelah Matahari, Bulan, dan Venus. Jupiter adalah satu dari lima planet yang bisa diamati dengan mata telanjang dari Bumi.